Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) merupakan gerak yang memilki lintasan garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah berarturan. Ciri utaman dari gerak ini adalah kecepatanya akan berubah dari waktu ke waktu, semakin lama makin cepat atau makin lambat. Untuk makin jelasnya mengenai GLBB, kamu bisa simak ulasan berikut ini. Materi fisika lain mengenai laporan praktikum kalorimeter akan kita bahas minggu depan, untuk sekarang silahkan pahami dahulu masalah GLBB berikut ini.

Jenis-jenis Gerak Lurus Berubah Beraturan

1.      Gerak Lurus Berubah Beraturan Dipercepat

GLBB dipercepat berarti gerak suatubenda yang memilki lintasan yang lurus, dengan kecepatan yenag semakin bertambah secara beraturan

2.      Gerak Lurus Berubah Beraturan Diperlambat

Jika GLBB dipercepat mengalami percepatan yang konstan, maka GLBB diperlambat ialah gerak suatu benda yang memilki lintasan yang lurus, dengan kecepatan yang berkurang secara beraturan.

Itulah dua jenis dari GLBB. Untuk selanjutnya ada bebrap acontoh dari GLBB. Berikut adalah contoh dari GLBB

Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan

1.      Benda yang Jatuh Bebas

seperti buah kelapa yang jatuh dari atas pohonya. Benda yang jatuh bebas akan memilki percepatan yang semakin lama makin bertambah kecepatanya. Ini berarti benda yang jatuh bebas dari suatu ketinggian merupakan jenis GLBB dipercepat.

2.      Melemparkan Benda ke Atas

saat kamu melemparkan suatu benda ke atas, misal melempar batu ke arah atas, maka semakin lama kecepatan batu tersebut semakin lambat. Ini  berarti denda yang dilemparkan ke atas merupakan jenis dari GLBB diperlambat.

3.      Kereta Api yang Mengeram Untuk Berhenti di Stasiun Kereta

saat kereta api akan berhenti, tentunya masinin akan menarik rem dari jarak yang sudah ditentukan. Hal ini agar kereta api berhenti secara lancar dan tepat pada stasuin pemberhentian. Gerakan kereta api yang direm semakin lama semakin berkurang. Ini berarti gerakan ini termasuk dengan GLBB diperlambat.

4.       Menaiki Sepeda Tanpa Mengayuhnya di Jalanan yang Menurun

Saat menaiki sepeda di jalanan yang menurun dan tanpa mengayuhnya, maka sepeda tersebut akan melaju semakin lama semakin cepat. Ini berarti gerakan ini merupakan gerakan GLBB dipercepat.

Itulah beberapa contoh dari GLBB. Banyak sekali gerakan di kehiduan sehari-hari yang termasuk dengan GLBB. Nah, kamu bisa menganalisasinya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top