Apa Itu Asuransi dan Pembagian Jenis-jenisnya

Saat ini ada banyak masyarakat di Indonesia yang memilih menggunakan asuransi. Bahkan negara juga hadir dalam bentuk BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Selain BPJS ada juga asuransi swasta yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan swasta. Bagi yang belum atau akan mengikuti asuransi tak ada salahnya mengenal apa itu asuransi secara lebih dalam.


mengenal apa itu asuransi

Baca juga artikel lain di : http://informasi.student.ittelkom-pwt.ac.id/

Ini agar nantinya keputusan untuk menggunakan asuransi dapat dipilih secara sadar dan bijak. Selain itu juga harus dipahami pembagian jenis-jenis asuransi yang ada. Supaya pemahaman tentang asuransi semakin meningkat sebaiknya simak ulasannya di sini.

Mengenal Apa Itu Asuransi Lebih Dalam

Pertama yang harus diperhatikan sebelum mulai mendaftar asuransi adalah harus dipahami dulu tentang asuransi. Wajib hukumnya untuk mengenal apa itu asuransi secara lebih dalam. Ini menjadi langkah awal untuk memilih produk asuransi yang tepat.

Jadi asuransi adalah cara pembayaran ganti rugi yang diberikan kepada pihak yang mendaftar asuransi. Dana pembayaran ganti rugi tersebut diperoleh dari premi asuransi yang dibayarkan secara rutin oleh peserta asuransi.

Di Indonesia sendiri asuransi ada yang disediakan pemerintah, yaitu asuransi BPJS seperti yang disebutkan di atas serta asuransi swasta. Ada beberapa perbedaaan yang dimiliki oleh kedua asuransi tersebut.

Baca : pembagian ilmu ekonomi

Lebih lanjut asuransi memiliki beberapa prinsip dasar. Mulai dari insurable interest, utmost good faith, contribution, subrogation, indemnity serta proximate cause. Inilah yang menjadi dasar-dasar dalam pelaksanaan akuntansi.

Pembagian Jenis-jenis Asuransi

Ada beberapa jenis pembagian dalam asuransi. Setiap pembagian tersebut dapat dipecah menjadi beberapa jenis lagi. Inilah beberapa jenis yang ada di asuransi.

1.   Pembagian Menurut Tujuan

Pembagian asuransi yang pertama adalah pembagian menurut tujuan. Maksudnya di sini adalah asuransi yang dibagi menurut tujuan dari mengikuti asuransi tersebut. Ada dua jensi tujuan yang ada di dalam asuransi jenis ini.

  • Komersial. Asuransi yang memiliki tujuan komersial merupakan asuransi yang digunakan untuk memperoleh keuntungan. Ada banyak asuransi yang memberikan keuntungan dalam berbagai bentuk untuk pesertanya.
  • Sosial. Dalam asuransi ini tujuannya bukan lagi keuntungan melainkan menyediakan pelayanan sosial bagi masyarakat. Contohnya adalah asuransi BPJS hingga Jasa Raharja.

2.   Pembagian Menurut Pertanggungannya

Untuk pembagian asuransi yang satu ini dilihat dari siapa atau apa yang ditanggung oleh asuransi. Secara umum pembagiannya meliputi dua jenis.

  • Asuransi jiwa. Tujuan dari asuransi yang satu ini adalah untuk menanggung bentuk kerugian finansial yang dialami akibat resiko kematian yang menimpa pihak yang ditanggung. Asuransi jiwa ini masih dibagi menjadi beberapa produk asuransi lagi.
  • Asuransi umum. Untuk asuransi umum biasanya objeknya adalah benda. Ini membantu memberikan jaminan pada harta benda tertanggung yang mengalami kerusakan hingga kehilangan.

3.   Pembagian Menurut Pengelolaan

Selain kedua asuransi di atas, pembagian asuransi juga berdasar pada pengelolaannya. Untuk pembagian jenis yang ini ada asuransi konvensional dan asuransi syariah.

  • Asuransi syariah merupakan asuransi yang tujuannya untuk melakukan  penjaminan pengakomodasian risiko dengan penerapan nilai-nilai yang lebih syar’i. Ada beberapa perbedaan asuransi jenis ini dari asuransi konvensional. Mulai dari masalah akad, sumber hukum bahkan konsep umum.
  • Asuransi konvensional merupakan asuransi yang umum ditemui. Memang pengelolaan asuransi ini bukan berdasar prinsip-prinsip yang syar’i seperti asuransi syariah. Perbedaan juga hadir di beberapa sisi seperti yang disebutkan pada poin asuransi syariah di atas.

Ternyata selama ini asuransi memiliki beragam bentuk pembagian. Mulai dari pengelolaan, tujuan sampai dengan pertanggungannya. Untuk yang akan mengikuti atau mempertimbangkan mengikuti asuransi mengenal apa itu asuransi menjadi langkah awal yang bagus untuk dapat memiliki kebijaksaan dalam memilih asuransi.

Meta deskripsi : Mengenal apa itu asuransi serta ragam pembagian asuransi. Untuk memahami pemilihan asuransi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top