Manfaat dan Keutamaan Dilaksanakannya Aqiqah

Manfaat dan Keutamaan Dilaksanakannya Aqiqah. Akikah adalah ibadah sunnah yang diperintahkan pada tiap muslim saat memiliki buah hati. Disunnahkan untuk menyembelih kambing setelah hari ketujuh kelahiran anak. Bagi anak laki-laki diperintahkan menyembelih dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor. Dengan sunnah ini terdapat banyak keutamaan yang sebaiknya Anda ketahui.

Aqiqah

Melakukan Akikah Merupakan Sunnah Nabi

Menyembelih kambing setelah tujuh kelahiran bayi, hal tersebut merupakan bukti mengikuti sunnah nabi. Akikah anak lebih baik dilakukan sesuai dengan tuntunan syariat islam, supaya Akikah tersebut tidak berbeda dengan apa yang telah diperintahkan oleh nabi Muhammad SWA.

Jangan sampai nantinya Anda melakukan aqiqah mengikuti cara-cara orang jahiliyah, yakni hanya mengaqiqahi anak laki-laki saja. Dengan melakukan akikah yang sesuai dengan sunnah maka Anda akan mendapatkan manfaat serta keutamaan dalam melaksanakan akikah yang sesungguhnya.

Hadits Mengenai Jumlah Kambing Akikah

Hadits Riwayat Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Hiban, Ibnu Majah. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Aisyah R.A. berkata ”Rosulullah SAW memerintahkan kami aqiqahkan anak perempuan dengan satu ekor kambing dan anak laki-laki dengan dua ekor kambing”.

Dari hadits di atas, maka dapat disimpulkan bahwa aqiqah kambing untuk anak laki-laki dan perempuan jumlahnya berbeda. Sudah jelas dikatakan untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan anak perempuan cukup satu ekor saja. Jangan sampai Anda keliru saat melakukannya.

Keutamaan dan Manfaat Melakukan Akikah

Ada beberapa keutamaan serta manfaat akikah yang akan didapatkan jika Anda melakukannya. Tentunya harus dilakukan dengan benar dan mengikuti petunjuk yang ada dari baginda Muhammad SAW. Jangan sampai ibadah akikah ini menjadi batal karena melakukan sesuatu hal yang bertentangan dengan syariat agama.

Lebih Dekat dengan Allah

Niat melangsungkan akikah tentu karena untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan melakukan akikah, berarti Anda berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Azza wa Jalla. Hal Ini merupakan keutamaan pada akikah yang luar biasa. Melalui keutamaan ini, banyak hal yang bisa Anda peroleh jika niat Anda benar-benar menyembelih hanya untuk Allah.

Mendapatkan Pahala

Orang yang melaksanakan aqiqah tentunya akan mendapatkan pahala karena telah mengikuti sunnah dari Rasul SAW. Hal Ini merupakan keutamaan pada akikah yang paling utama. Dengan melakukan akikah Anda telah menunjukan rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW yaitu dengan mengikuti petunjuknya.

Menghilangkan Penyakit dan Kotoran Pada Bayi

Pada prosesi akikah biasanya juga dibarengi dengan melakukan cukur rambut bayi yang baru lahir, tujuannya tentu untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada rambut bayi. Karena di rambut bayi ada kotoran yang berasal dari plasenta dalam rahim. Jika tidak dibersihkan maka akan berpotensi menyebabkan penyakit.

Mendoakan Kebaikan untuk Bayi

Pada acara aqiqah pasti dibarengi dengan acara doa. Baik doa secara khusus ataupun secara umum dari orang yang menerima hidangan akikah dari Anda. Hal Ini akan membuat si bayi menerima banyak doa-doa yang positif dari orang-orang yang Insya Allah bermanfaat untuk kehidupan si bayi kelak.

Mempererat Ukhuwah Sesama Muslim

Hidangan akikah yang dibagikan untuk saudara muslim tentunya akan meningkat hubungan persaudaraan. Rasa solidaritas antar sesama muslim ini akan menjadi makin kuat pada sesama muslim.

Demikianlah beberapa keutamaan dan keuntungan pada aqiqah yang akan Anda dapatkan. Apapun ibadah yang diperintahkan dalam islam pastinya yang terpenting adalah Anda melakukan segalanya iklash karena Allah dan semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah SWT. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top