Mengenal Robot Pertanian Masa Depan yang Cerdas dan Menarik

Mengenal robot pertanian masa depan yang cerdas dan menarik! Baru-baru ini industri teknologi telah meluncurkan sebuah robot yang bisa membantu petani untuk mengelola ladang mereka. Robot-robot tersebut dirancang agar bisa melakukan banyak pekerjaan khusus. Mulai dari memindai sebuah lahan hingga membersihkan gulma dapat mereka kerjakan. Tentu saja hal tersebut mampu dikerjakan baik secara kimiawi maupun mekanis.


robot pertanian masa depan

Jika Anda penasaran apa saja robot pertanian masa depan tersebut, berikut merupakan macam-macam robot yang bisa membantu petani dalam mengelola ladangnya. Simak informasi terbaru dan terlengkapnya di internet.

Vision Robotics

Robot pertanian masa depan pertama bernama Vision Robotics. Robot ini memiliki sensor yang canggih untuk mencari daun selada yang rusak, kemudian menyemprotkan cairan tersebut ke daun selada yang rusak. Sehingga menyebabkan daun tersebut menghilang.

Seperti yang diketahui bahwa tanaman selada merupakan tanaman yang banyak ditanam oleh petani di California karena merupakan tanaman yang paling laku dijual. Oleh karena itu, Vision Robotics sebagai robot pertanian masa depan sangat berguna di negara ini, khususnya bagi para petaninya.

Vision Robotics merupakan sebuah robot pertanian masa depan yang bisa mengurangi beban pekerjaan petani. Teknologi yang ia miliki mampu mengurangi tenaga kerja dan waktu yang dibutuhkan dari 15 orang selama seharian menjadi satu atau dua orang saja dalam beberapa jam.

Agmechtronix

Cara kerja robot pertanian masa depan ini mirip dengan robot Vision Robotics yang telah dibahas sebelumnya. Yakni memiliki teknologi sensor untuk mencari tanaman pengganggu lalu menyemprotkan cairan kimia anti hama. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengatur jarak ideal antar tanaman agar selalu tampak sehat.

Teknologi dari robot pertanian masa depan ini memungkinkan para petani untuk membersihkan germinasi kapan saja. Baik itu siang maupun malam. Dengan begitu, petani mampu meningkatkan produktivitasnya sehingga mendapatkan hasil panen yang baik.

Rippa

Robot pertanian masa depan ini memiliki teknologi deteksi yang canggih. Sehingga memungkinkan Rippa untuk bekerja di beberapa tipe lahan. Seperti lahan tanaman, kebun buah-buahan, serta biji-bijian. Seperti robot lainnya, Rippa juga mampu mendeteksi gulma dan menghilangkan tanaman pengganggu serta menyemprotkan cairan pestisida untuk mencegah hama tanaman.

Ecorobotix

Robot pertanian masa depan ini sebenarnya adalah drone tanpa awak bertenaga surya. Sensor yang dimilikinya mampu mendeteksi tanaman pengganggu kemudian lengan robot akan bergerak cepat untuk menyemprot tanaman dengan herbisida dosis kecil. Perlu Anda ketahui bahwa Ecorobotix mampu bekerja siang malam tanpa bantuan manusia sekalipun.

Naio Technologies

Robot pertanian masa depan ini memiliki beberapa jenis dan beberapa tipe robot yang telah beredar di pasaran. Robot berukuran besar sering disebut dengan Dino. Sementara robot paling kecil bernama Oz. Robot Dino diciptakan untuk bekerja di sebuah lahan pertanian yang besar. Sementara robot Oz hanya diperuntukkan bekerja di lahan kecil seperti rumah kaca.

Farmbot

Farmbot merupakan jenis robot pertanian masa depan yang serba praktis. Farmbot mampu melakukan semua jenis pekerjaan petani sesuai yang anda inginkan. Seperti membuang air, membuat pupuk dan sebagainya. Karena tidak memerlukan sebuah teknologi sensor yang halus, kini farmbot bisa dijadikan sebagai sebuah solusi yang murah daripada menggunakan peralatan industri pertanian yang ada di pasar.

Robot pertanian masa depan ini bergantung pada platform perangkat lunak yang dapat diakses pengguna melalui aplikasi web Farmbot. Dengan begitu, Anda seakan sedang melihat permainan Farmville yang merupakan salah satu game mobile terkenal.

Angus

Robot pertanian masa depan ini pertama kali diperkenalkan oleh Brandon Alexander. Robot ini memiliki berat hampir 1.000 pon. Meskipun agak lambat, tetapi Angus mampu mengungkit palet 800 pon sayuran dan dapat memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Tugas utama robot ini adalah mengantarkan produk sayuran ke robot lain. Kemudian ia juga dapat memindahkan tanaman dari polong yang lebih kecil ke polong yang lebih besar dengan menggunakan lengan mekaniknya.

Dengan adanya robot pertanian masa depan tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa akan banyak pekerjaan petani yang digantikan oleh para robot tersebut. Jika sekarang penanaman dan panen masih banyak membutuhkan tenaga kerja, maka di masa yang akan datang, akan banyak tenaga robot yang menggantikan pekerjaan petani.

Robot pertanian masa depan mampu memanen secara otomatis panen sekaligus menjalankan kontrol mutu seperti sortir dan grading. Robot pertanian dirancang agar mampu mengerjakan pekerjaan 20 orang lebih dengan cepat dan akurat selama beberapa jam saja.

Dengan demikian, robot pertanian masa depan sangatlah berguna untuk para petani di seluruh dunia. Saat ini, perkembangan robot di industri pertanian masih berada di negara-negara maju. Tapi, mungkin saja di masa depan, Indonesia bisa turut serta ikut dalam melakukan riset penciptaan robot pertanian untuk memperbaiki teknologi pertanian ke arah produksi yang lebih efisien. Apakah Anda siap menghadapi masa depan dengan kehadiran robot-robot tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top